Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mars BTA, Berikut Liriknya

Salah satu kegiatan seremonial BTA


Badan Tadzkir Akbar- Salam Ukhuwah, teman Ukhuwah kali ini kita hendak membuat postingan tentang mars BTA. Tetapi saat sebelum membaca mars yang di miliki BTA terdapat baiknya kita pelajari terlebih dulu tentang mars serta gunanya. Supaya pengetahuan kita dapat meningkat lagi. Mars itu suatu lagu yang mengidentikan


suatu organisasi ataupun peristiwa sebab kita tiap dengan lagu mars terkadang kurang pengetahuan tentang mars. Jadi cuma mengenali menyanyikan lagu mars tetapi tidak tau guna apalagi mengapa lagu mars itu diperlukan. Suatu yang kita jalani pasti wajib kita pelajaran.



Apa itu lagu mars

Lagu mars merupakan suatu lagu yang ditulis buat memeringati ataupun mengenang sesuatu peristiwa, organisasi, ataupun tempat. Lagu mars kerap digunakan dalam kegiatan peringatan ataupun parade, semacam peringatan hari kemerdekaan sesuatu negeri ataupun parade militer.


Lagu mars umumnya mempunyai lirik yang menggambarkan tema ataupun arti dari peristiwa ataupun organisasi yang diperingati, dan irama yang energik serta membangkitkan semangat. Lagu mars pula kerap diiringi oleh instrumen musik tiup semacam terompet, trombon, ataupun klarinet, dan instrumen perkusi semacam drum serta simbal.


Contoh lagu mars yang populer antara lain" Mars Marseillaise" yang ialah lagu kebangsaan Prancis," The Stars and Stripes Forever" yang ialah lagu mars nasional Amerika Serikat, serta" Mars Pancasila" yang ialah lagu mars nasional Indonesia.


Guna Lagu Mars

Lagu mars mempunyai bermacam guna yang bisa bermanfaat untuk organisasi, di antara lain:


Tingkatkan bukti diri serta kesatuan organisasi: Lagu mars bisa jadi simbol bukti diri serta kesatuan untuk sesuatu organisasi. Dengan mempunyai lagu mars sendiri, anggota organisasi bisa merasa lebih tersambung dengan organisasi mereka serta merasa mempunyai kesatuan yang kokoh.


Memotivasi anggota: Lagu mars yang energik serta membangkitkan semangat bisa memotivasi anggota organisasi buat lebih bergairah dalam melaksanakan tugas serta tanggung jawab mereka.


Mempromosikan organisasi: Lagu mars yang dinyanyikan dalam kegiatan publik ataupun parade bisa jadi fasilitas buat mempromosikan organisasi serta tingkatkan pemahaman warga tentang keberadaan organisasi tersebut.


Mengenang sejarah organisasi: Lagu mars kerap kali mempunyai lirik yang menggambarkan sejarah serta nilai- nilai yang dijunjung besar oleh organisasi. Oleh sebab itu, lagu mars bisa jadi fasilitas buat mengenang serta menguatkan nilai- nilai tersebut di antara anggota organisasi.


Memperkenalkan rasa kebersamaan: Lagu mars bisa jadi fasilitas buat memperkenalkan rasa kebersamaan serta kebanggaan di antara anggota organisasi, paling utama dalam acara- acara istimewa semacam peringatan hari besar ataupun parade.




Sedikit Sejarah Tentang Lagu Mars


Lagu Mars ataupun" Marsya" merupakan lagu yang digunakan selaku lagu kebangsaan ataupun lagu perjuangan pada sebagian negeri. Sebutan" Mars" berasal dari bahasa Belanda yang berarti" march" ataupun" march song" serta mempunyai makna lagu yang dinyanyikan dikala lagi berbaris.


Di Indonesia, Mars Indonesia Raya jadi lagu kebangsaan semenjak kemerdekaan Indonesia pada 1945. Lagu ini diciptakan oleh Wage Rudolf Supratman pada tahun 1928 serta diperkenalkan awal kali dalam Kongres Pemuda Indonesia II di Batavia( saat ini Jakarta). Dikala itu, Mars Indonesia Raya dinyanyikan buat awal kalinya oleh para partisipan kongres.


Di sebagian negeri yang lain, lagu Mars ataupun lagu perjuangan pula jadi simbol perjuangan serta semangat nasionalisme. Contohnya, di Amerika Serikat, lagu The Stars and Stripes Forever oleh John Philip Sousa dikira selaku Mars Nasional Amerika Serikat. Sebaliknya di Rusia, lagu perjuangan mereka merupakan lagu Kachusha yang digunakan sepanjang Perang Dunia II.


Secara universal, lagu Mars ataupun lagu perjuangan mempunyai irama yang kokoh, tempo yang kilat, serta lirik yang memiliki semangat perjuangan ataupun patriotisme. Lagu- lagu ini kerap digunakan dalam upacara kenegaraan, parade militer, serta acara- acara perayaan nasional.


Berikut Mars Badan Tadzkir Akbar yang diciptakan oleh Kakanda Kita Zainuddin Wumu


Mars BTA


Kami putra putri BTA

Pewaris syi'ar islamiah

Bersatu bertekad

demi bangsa dan agama

Kami putra putri BTA

setia ikhlas Dan Istiqomah

Membangun Kader bangsa

Insan yg bertaqwa

Kami menghayati

Firman ilahi

Kami kaji hal yang hakiki

Kami mewarisi akhlak islami menjujung tinggi sunah nabi

Kami putra putri BTA

Galang bina ukhuwah islamiah

Menghimpun kita Semua

mencapai Cita bersama.