Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Belajar Efektif Menggunakan 5 Teknik Berikut, Membuat Kamu Lebih Fokus Belajar!

Ilustrasi (dok Istimewah)

Penulis : Nita Destianti

Apakah kamu masih bingung bagaimana cara menemukan gaya belajar efektif kamu?

Setiap pelajar memiliki gaya belajarnya masing-masing untuk bisa konsentrasi dan fokus agar memaksimalkan kemampuan pembelajaran, tetapi banyak pelajar yang belum menemukan gaya dan teknik belajar secara efektif. Namun, diketahui bahwa setiap pelajar memiliki kemampuan yang berbeda-beda.

Nah, Jika kamu pelajar atau mahasiswa yang masih bingung mencari teknik belajar efektif simak artikel berikut ini!

1. Teknik Pomodoro

Cirillio seorang mahasiswa yang berasal dari italia, mengembangkan teknik pomodoro ketika ia merasa kesusahan untuk fokus belajar dan menyelesaikan tugasnya, lalu ia menemukan timer dapur berbentuk tomat hingga menamai teknik ini pomodoro karena dalam bahasa italia pomodoro berarti tomat.

Teknik belajar ini berfokus pada konsentrasi agar tidak mudah terdistraksi , teknik ini bisa dicoba untuk kamu yang susah fokus dan terus melakukan penundaan waktu.

Untuk menerapkan teknik ini kamu perlu mempersiapkan daftar tugas dan pengatur waktu, lalu mengatur waktu selama 25 menit untuk menyelesaikan daftar tugas tersebut sampai pengatur waktu berbunyi. setelah itu, tandai daftar tugas yang sudah selesai kemudian beristirahat selama 5 menit dan mengulanginya beberapa waktu sampai kamu merasa cukup atau daftar tugas kamu sudah selesai.

2. Teknik Feynman

Richard Feynman menemukan cara yang efektif untuk memahami suatu materi yaitu teknik Feynman, Teknik Feynman adalah teknik belajar seolah-olah kamu sedang mengajarkan orang lain. Inilah 4 tahapan teknik belajar Feynman.

1. Memilih konsep dan materi untuk dipelajar

2. Berbicara dan mengajari seolah-olah sedang mengajarkan orang lain

3. Ketika merasa kesusahan, kembalilah membaca dan pelajari dari sumber belajar

4. Sederhanakan penjelasan dan buatlah analogi

3. Teknik Eat The Frog

Teknik eat the frog ditemukan oleh Brain Tracy, ia mencetuskan bahwa mengutamakan dan menyelesaikan satu tugas yang paling susah dan paling penting terlebih dahulu. Jika kamu sering bingung karena tugas yang dikerjakan banyak, kamu bisa mencoba teknik satu ini. Teknik ini berfokus pada materi dan tugas prioritas utama, kamu bisa menerapkan teknik dengan tiga langkah berikut ini.

1. Identifikasi frog atau Materi dan tugas, pilihlah satu tugas prioritas yang paling susah atau tugas yang kamu tidak suka untuk dikerjakan

2. Eat it, kerjakan dan selsesaikan, disarankan untuk dikerjakan pada pagi hari

3. repeat, ulangi tahapan pembelajaran dari membuat tugas paling susah hingga tugas paling gampang

4. Teknik Spaced Repetition

Teknik belajar yang membantu mengingat materi dan pelajaran yang sudah dipelajari agar tidak lupa, memberikan jarak dan waktu untuk proses belajar, teknik ini efektif untuk belajar menjelang ujian, biasanya menggunakan flashcard untuk mempermudah cara dan meningkatkan kecepatan mengingat materi.

5. Teknik  SQ3R

Survey, Question, Read, Recite, dan Review disingkat SQ3R merupakan salah satu metode belajar yang efektif untuk mengerti suatu pemahaman, biasanya teknik ini digunakan untuk membaca teks dan buku.


Survey, melakukan survei untuk mengetahui garis besar dari suatu materi

Question, membuat pertanyaan dengan materi yang terkait untuk memandu bacaan kamu

Read, membaca materi dengan efektif dan efisien untuk menemukan pertanyaan yang sudah dibuat

Recite, setelah membaca, lihatlah apakah pertanyaan yang kamu buat sudah terjawab 

Review, meninjau ulang hasil dari pembelajaran kamu untuk menentukan kesimpulan