Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

LTTA Batch IV Berhasil Di Gelar BTA Cabang Manado

Badan Tadzkir Akbar - Badan Tadzkir Akbar (BTA) Manado hadirkan puluhan siswa-siswi untuk mengikuti Latihan Leadership Tadzkir Akbar (LTTA) Batch IV di Aula Pemerintah Kota (Pemkot) Manado, minggu (05/02/2023). Kegiatan yang bertema "Pelajar peduli Silahturahmi" ini, dipandu langsung oleh Master Instruktur dr. H. Zainuddin Wumu SpB., FINACS. 


Kegiatan LTTA Batch IV yang digelar BTA Cabang Manado sebagai tuan rumah, dibuka langsung oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama Sulawesi Utara, H. Sarbin Sehe. S.Ag.,M.Pd.I yang diwakili oleh H. Ramli Makatungkang M.H 


Dalam sambutannya Sarbin mengatakan jika keterwakilan Kakanwil di Kegiatan ini karena beliau berada diluar daerah, sehingga mewakilinya untuk datang. Menurut Kakanwil sendiri, Kegiatan ini sangat baik dilakukan mengingat banyak hal yang harus diperbaiki pada siswa saat ini. 


"Saya guru 20 tahun, saya dari guru SMA 1 Manado, ketika bersama-sama pelajar ini saya teringat waktu masih menjadi guru agama, semoga kegiatan Badan Tadzkir Akbar (BTA) ini tidak berhenti, saya sampaikan kepada guru-guru agama di Manado supaya kegiatan seperti ini bisa di aktifkan kembali," kata Sarbin didepan puluhan pelajar yang ada di Gedung Serbaguna Pemkot Manado. 


Dirinya mengatakan banyak siswa yang beragama Islam di SMA dan SMK karena di Madrasah sangat terbatas. Dia memberikan contoh, jika Madrasah negeri saja hanya ada satu di Manado yakni Madrasah Aliyah Negeri Model (Man Model) Manado jadi akan bisa menjangkau banyak siswa dalam memberikan pelatihan terkait keagamaan. 


"Kegiatan seperti ini sangat diperlukan untuk kaderisasi Leadership siswa. Terima kasih pada Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Utara, karena sudah mendukung kegiatan ini, kegiatan ini perlu dilakukan secara continue, dan uga di daerah-daerah lain agar tertular Leadership Islam itu seperti apa yang telah dicontoh Rasulullah SAW," terangnya. 


Sementara itu, dalam sambutannya Ketua Umum BTA Cabang Manado, Dzaky Faqillah mengatakan BTA adalah organisasi yang sangat peduli tentang keadaan pelajar muslim di Sulut, terkusus di Kota Manado. BTA akan menjadi garda terdepan dalam membangun silahturahmi dan pendidikan Leadership. 


"Terima kasih kepada semua pihak yang telah suport kegiatan ini. Alhamdulillah kegiatan ini di inisiasi oleh murni pelajar muslim dari berbagai sekolah di Kota Manado yang terhimpun dalam Pengurus BTA Cabang Manado," ungkap Dzaky yang juga salah satu siswa di Man Model Manado. 


Secara terpisah, Ketua Umum Pengurus Besar (PB) BTA Sulut, Suparman Soleman mengatakan kepada awak media jika LTTA Batch IV merupakan serangkaian kegiatan yang telah dilakukan diberbagai Kabupaten/Kota di Sulut. Sebelumnya LTTA Batch I di Manado, Batch II di Kotamobagu, Batch III di Minahasa Utara (Minut) dan Batch IV di Manado lagi. 


"Kita butuh suport dan dukungannya dari semua pihak, terutama dari Diknas Pendidikan Sulut dan Kanwil Kementrian Agama juga sudah suport kita, dari awal InsyaAllah bisa seterusnya bersama-sama untuk memberikan sentuhan LTTA kepada seluruh pelajar yang ada di Sulut," ungkapnya setelah sesi pembukaan LTTA Batch IV. 


Dirinya menambahkan LTTA masih akan terus bergulir yang direncanakan akan digelar di Minahasa, Bolaang Mongondow (Bolmong), dan di Kota Bitung. Hal itu menurut Arman sapaan akrabnya, terus dilakukan mengingat covid yang melanda beberapa tahun lalu membuat pelajar terisolit dari ruang-ruang silahturahmi. 


"BTA memiliki motto Berdakwah Menjalin Ukhuwah, sehingga kita akan berusaha membangun konsolidasi dengan cabang BTA yang se-Sulut untuk menggelar LTTA, selain mendapatkan Training Leadership berbasis ESQ yang di pandu langsung oleh yang berkompeten yakni Kanda dr. H. Zainuddin Wumu SpB., FINACS. Juga sebagai ajang Silahturahmi pelajar muslim," ungkaonya. 


Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Sulut, dr. Liesje G. L. Punuh, M.Kes yang diwakilkan oleh Kepala Tata Usaha Balai TIK Dinas Pendidikan Daerah (Disdikda), Provinsi Sulawesi Utara, Muhammad Sadad Asegaf, Kementrian Agama (Kemenag) Manado yang diwakili oleh Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam (Pendis), H. Usran Mantow S.Ag, Ketua Umum BTA Cabang Minut, Firmansyah Uno, Ketua Umum BTA Cabang Tondano, Nabila Hanidin, Ketua Umum BTA Cabang Kotamobagu, Tilawati Paputungan. (***)